Kamis, 14 Mei 2009

Ingin Tulang Kuat? Jangan Cuma Minum Susu




















Osteoporosis adalah momok bagi para wanita. Penyakit pengeroposan tulang ini memang lebih banyak memburu wanita. Oleh karena itu, selagi masih muda, kita harus banyak mengonsumsi nutrisi untuk menguatkan tulang. Agar tulang bebas osteoporosis.

Kita tak hanya perlu meminum susu tapi juga bahan makanan lain yang kaya kandungan kalsium. Selain diimbangi dengan nutrisi kaya kalsium, tulang juga perlu dilatih dengan olahraga supaya kuat.

Melatih tulang
Olahraga jalan kaki, jogging, latihan beban, bersepeda, berenang atau yoga bukan hanya menjaga bentuk tubuh dan menyehatkan jantung Anda. Dengan berolahraga, Anda juga menguatkan dan melententurkan tulang-tulang.

Saat Anda melompat, atau mengangkat beban, terjadi tekanan pada tulang-tulang. Hal itu memicu tulang untuk menghasilkan sel tulang baru. Sehingga tulang lebih padat dan kuat.


Perbanyak asupan kalsium
Mulai sekarang, jangan pernah melewatkan buah dan sayuran dari menu sehari-hari Anda. Buah dan sayuran adalah modal utama untuk mendapatkan nutrisi kalsium. Sumber kalsium tertinggi ada dalam sayuran arugula. Sayuran berdaun hijau ini biasa dipakai dalam salad.

Sayuran lain yang perlu Anda konsumsi untuk sumber kalsium antara lain bayam, brokoli, dan sayuran hijau lainnya.

Selain mengandung kalsium, sayuran tersebut juga mengandung potassium, magnesium,dan vitamin K. Tiga zat gizi ini sangat penting untuk menjaga tulang tetap sehat.

Hindari minum soda
Anda penggemar minuman bersoda? Mulai sekarang kurangi konsumsi minimal bersoda Anda. Meskipun tidak secara langsung buruk untuk tulang, jika dikonsumsi berlebihan bisa memicu keropos tulang.

Minuman bersoda mengandung asam. Untuk mengolahnya di dalam tubuh, sistem metabolism tubuh perlu menetralkannya. Terkadang harus mengambil cadangan kalsium di tulang untuk menetralkan asam tersebut. Minuman bersoda berbahaya jika dikonsumsi setiap hari.

Sumber: iGaul

Posting Terkait



0 komentar:

Posting Komentar