Selasa, 16 Juni 2009

Inilah Rahasia Mengapa Real Madrid Mampu Beli Ronaldo, Kaka & Pemain Supermahal Lainnya


Pada bursa transfer kali ini, dunia sepakbola dihebohkan oleh gebrakan Real Madrid. Setelah mendapatkan Kaka dari AC Milan dengan €65 juta, dikabarkan bahwa Real Madrid juga akan mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Manchester United dengan €94 juta. Setelah itu, Madrid masih membidik pemain-pemain mahal lainnya, seperti David Villa dari Valencia dan Franck Ribery dari Bayern Munich. Ya, benar-benar menghebohkan! Sampai-sampai, presiden Barcelona FC menyebut Madrid “keterlaluan”.

Selaku orang awam, mungkin kita bertanya-tanya: Bagaimana mungkin Real Madrid “segila” itu? Dari manakah Madrid mendapatkan dana sebesar itu? Ini dia jawaban-jawaban yang kuperoleh dari hasil browsing:

Yang terpenting, pendapatan klub ternyata naik berlipat ganda seiring dengan pembelian pemain superbintang. Pada tahun 2001, Real Madrid membeli Zinadine Zidane dan mencatat rekok pemain termahal hingga 2009 ini. Sejak 2002, pemasukan Madrid meningkat pesat. Berdasarkan data paling akhir, untuk tahun 2007/2008, pendapatan klub ini mencapai £290 juta, terbesar sedunia. Adapun untuk musim terakhir ini, tahun 2008/2009, beberapa pengamat finansial memperkirakan bahwa pendapatan Madrid lebih dari €400 juta.

Dari manakah pendapatan itu terutama mereka peroleh? Dari sini:


1. Sponsor Besar

Klub ini memiliki kemitraan sponsor bernilai tinggi: Bwin.com, Adidas, Coca-Cola, Audi, dan bir Spanyol Mahou. Satu kesepakatan penggunaan hak gambar dengan Adidas di tahun 2007 saja menghasilkan pemasukan 762 juta euro.


2. Penjualan Aset Besar

Salah satunya, lapangan latihan seluas 120 ribu meter persegi yang dijual seharga €500 juta ke pemerintah kota Madrid. Hasil penjualan itulah yang digunakan untuk membayar utang sebesar €270 juta dan membeli pemain-pemain mahal.


3. Hak Siar Televisi

Tahun 2006, Real menandatangani kontrak hak penyiaran televisi dengan nilai yang dilaporkan tertinggi sedunia, yakni 1,1 miliar euro, dengan perusahaan Mediapro untuk hak siar selama tujuh tahun. Artinya, dari ini saja, setiap tahun klub ini mendapat pemasukan 150 juta euro.


4. Banyaknya anggota dan penonton di stadion

Berbeda dari kebanyakan klub Inggris yang dimiliki perusahaan swasta, Madrid dimiliki para anggotanya. Anggota Madrid, atau socios, membayar iuran tahunan sebagai tiket terusan menonton pertandingan dan menggunakan fasilitas olahraga dalam klub. Jumlah socios diperkirakan lebih dari 80 ribu orang.

Pendapatan di hari pertandingan meningkat tajam dalam dua tahun terakhir lantaran rekonstruksi arena stadion Real Madrid dengan menambah kapasitas untuk karcis Perusahaan sehingga penerimaan pun naik. Jumlah penonton rata-rata di stadion mereka -Stadion Santiago Bernabeu yang berkapasitas 80.354 orang- adalah yang ketiga terbesar di Eropa.


5. Sumber Lain

Diantaranya dari keikursertaan di Liga Champions, penjualan cinderamata, dll. Keuntungan lain, yang membantu menarik pemain top dunia, adalah UU pajak Spanyol memperbolehkan pemain asing membayar pajak hanya 23% dalam lima tahun pertama mereka di negara itu. Selain itu, sejak sebelum jaman Di Stefano di tahun 1950-an, Real Madrid memiliki reputasi sebagai “klub hebat” dan berhubungan dekat dengan pemerintah atau pemerintah daerah, sehingga mudah memminta bantuan dana jika sedang seret.


Sumber: Shodiq

Posting Terkait



0 komentar:

Posting Komentar